Selamat Datang di Website Resmi Dinas Syari'at Islam dan Pendidikan Dayah Kab. Aceh Tengah (Web ini masih dalam proses pengembangan)

Kunjungan Masyarakat Mu’alaf di Kala Wih Ilang Pegasing

Kategori : Hukum Sabtu, 14 September 2019 - Oleh hermansp26

DSI-PD AT - Kala Wih Ilang merupakan salah satu dusun dari Kampung Wih Ilang Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah. Dusun ini merupakan salah satu kawasan terpencil dalam Kabupaten Aceh Tengah yang masih butuh perhatian. Jalan menuju dusun ini masih sulit di akses karena ruas jalan yang sempit, kondisinya tidak baik, dan licin, apalagi kalau musim hujan keadaan jalan seperti berlumpur dan sulit di lalui oleh kenderaan biasa.

Penduduk Kala Wih Ilang kebanyakan warga pendatang dari Sumatera Utara, dari Batak dan Karo, sebagaian besar pemeluk agama non muslim yang menetap di dusun ini mereka kemudian memutusakan memeluk agama islam.

Pada hari Jum’at tepatnya pada tanggal 13 September 2019 tim /panitia kegiatan Pembinaan dan Pemberdayaan Mu’alaf dari Dinas Syari’at Islam Dan Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Tengah melaksanakan kunjungan dan silaturahmi ke dusun ini membahas masalah dan fasilitas keagamaan.

Yang melatar belakangi kegiatan ini karena kurangnnya fasilitas dan pengembangan kemampuan mu’alaf dalam menjalankan kegiatan keagamaan dan banyaknya persoalan-persoalan keagamaan di lingkungan masyarakat mu’alaf.

Kunjungan yang dilakukan oleh tim Pembinaan dan Pemberdayaan Mu’alaf bertujuan untuk menambah dan meningkatkan pemahaman keagamaan terhadap keislaman agar terwujud masyarakat yang paham dan sadar syari’at islam dan menjaga serta menguatkan keyakinan keislaman bagi para mualaf.