Pemberdayaan Kelembagaan Syari’at Islam (Remaja Masjid)

Kategori : SDM Minggu, 13 Mei 2018

DSI-PD AT – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah telah melakukan pembekalan kepada para remaja masjid dalam Kabupaten Aceh Tengah. Pembinaan atau pembekalan kepada remaja masjid dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2018 di Aula Hotel Penemas Takengon.

Dalam rangka meningkatkan kemakmuran masjid, maka perlu memberikan pembinaan terhadap remaja masjid terutama di bidang manajemen masjid. Dalam hal ini Dinas Syari’at Islam Dan Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Tengah telah membina 112 orang dari 58 masjid yang tersebar di 14 Kecamatan yang ada dalam Kabupaten Aceh Tengah.

Kepala Dinas Syari’at Islam dan Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Tengah, Drs. H. Alam Syuhada, MM memyebutkan seluruh Remaja Mesjid akan menerima materi dari beberapa narasumber, diantaranya berkaitan dengan peran Remaja dalam memakmurkan Mesjid dan mengajak masyarakat untuk meningkatkan pemahaman keislaman.

Kegiatan yang berlangsung selama sehari penuh ini  dengan menghadirkan 4 nara sumber dengan masing-masing materi diantaranya Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abu Bakar dengan materi “ Memakmurkan Masjid Modal dari Semangat Membangun Daerah”, Tgk. Akhyar “Tugas dan Fungsi Remaja Masjid”,  Drs. H. Alam Syuhada, Kepala Dinas Syari’at Islam dan Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Tengah “Manajemen Masjid”, dan Drs. H. Ridwan Qari “Peran Remaja Masjid dalam Mengoptimalkan Masjid”

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar pada saat membuka acara pembekalan mengatakan Remaja Masjid punya peran penting untuk memberi pemahaman bagi masyarakat khususnya kalangan remaja agar meningkatkan kegiatan keagamaan diwilayah masing-masing. Para remaja masjid kami harapkan dapat mengambil peran menjadi motor penggerak untuk meningkatkan nilai-nilai spiritual dalam masyarakat.

Remaja masjid diharapkan berperan dalam melakukan pembinaan terhadap para pemuda agar selalu dekat dengan Masjid dan mempelajari Islam. Menurutnya, semakin banyak Remaja yang taat dan shalih, maka semakin mengurangi tingkat kenakalan remaja. Karena perbuatan buruk, seperti pergaulan bebas dan penyalahgunaan Narkoba mayoritas dilakukan oleh kalangan remaja. Oleh sebab itu, Pemerintah Daerah sangat menyadari besarnya peran remaja masjid dalam upaya untuk meningkatkan keshalihan ummat.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32