Indeks Berita

Sekjen Apresiasi Pesan Khatib di Khutbah Idulfitri 1439H

Jumat, 15 Juni 2018
Jakarta (Kemenag) --- Sekjen Kemenag Nur Syam mengapresiasi pesan yang disampaikan khatib saat khutbah Idulfitri. Nur Syam menunaikan Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal bersama Wapres Jusuf Kalla serta ribuan muslim Jakarta dan sekitarnya.

Menag Jagokan Spanyol Juara Piala Dunia 2018, Kenapa?

Jumat, 15 Juni 2018
Jakarta (Kemenag) --- Hari Raya Idulfitri tahun ini berbarengan dengan gelaran piala dunia 2018 di Rusia. Pembukaan event empat tahunan ini bahkan bersamaan dengan malam takbiran hari raya 1439 Hijriah. Wajar jika obrolan seputar bola juga mewarnai ajang anjangsana masyarakat di moment lebaran, tidak terkecuali Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Menag: Idulfitri Momentum Pahami Eksistensi Diri

Jumat, 15 Juni 2018
Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Lukman Hakim menilai Idulfitri sebagai momentum memahami eksistensi diri. Idulfitri relevan untuk menggali esensi kemanusiaan manusia.  

Tokoh Lintas Agama Hadiri Open House Menteri Agama

Jumat, 15 Juni 2018
Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menggelar open house Hari Raya Idulfitri. Open house digelar di rumah dinas Widyacandra, Jakarta, Jumat (15/06).

Menag bersama Presiden Shalat Idulfitri di Kebun Raya Bogor

Jumat, 15 Juni 2018
Bogor (Kemenag) --- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Trisna Willy Lukman bersama Presiden Joko Widodo dan Iriana Joko Widodo, melaksanakan Shalat Idulfitri di Lapangan Astrid Kebun Raya Bogor, Jumat (15/06).

Lebaran, Ketum MUI Ajak Perkuat Silaturahim dan Hilangkan Kesalahpahaman

Kamis, 14 Juni 2018
Jakarta (Kemenag) --- Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin mengajak umat Islam untuk menjadikan Hari Raya atau Lebaran Idul Fitri sebagai momenum memperkuat talisilaturahim dan menghilangkan kesalahpahaman di antara sesama. 

Sidang Isbat Tetapkan Idul Fitri 1439 Hijriah Bertepatan 15 Juni 2018

Kamis, 14 Juni 2018
Jakarta (Kemenag) --- Sidang Isbat menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah jatuh pada Jumat, 15 Juni 2018. Hasil sidang Isbat tersebut disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam jumpa pers di Kantor Kementerian Agama Jalan M.H. Thamrin No. 6 Jakarta, Kamis (14/06).

Ada Referensi Jika Hilal Awal Syawal 1439H Teramati di Wilayah Indonesia

Kamis, 14 Juni 2018
Jakarta (Kemenag) --- Ada referensi pelaporan, jika hilal awal Syawal 1439H teramati di wilayah Indonesia. Ada referensi empirik jika hilal awal Syawal 1439H teramati di wilayah Indonesia pada Kamis, 14 Juni 2018.

Sore Ini Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Syawal 1439H

Kamis, 14 Juni 2018
Jakarta (Kemenag) --- Sidang Isbat awal syawal 1439H untuk menentukan Idul Fitri 1439H/2018M hari ini, Kamis (14/06)  digelar di Kantor Kementerian Agama Jalan M.H. Thamrin No. 6 Jakarta. 

10 Inovasi Penyelenggaraan Haji 1439H/2018M

Selasa, 12 Juni 2018
Jakarta (Kemenag) --- Hampir sepekan meninjau persiapan akhir penyelenggaraan layanan haji bagi jemaah Indonesia di Arab Saudi, Menag menggelar rapat evaluasi di kantor Daerah Kerja (Daker) Makkah, Selasa (12/06).

Kemenag Ajak Umat Ubah Kebiasaan Antri Pembagian Zakat

Selasa, 12 Juni 2018
Jakarta (Kemenag) --- Setiap bulan Ramadan, masih dijumpai pembagian zakat secara langsung dengan mengumpulkan para penerima zakat dalam jumlah banyak. Ribuan warga miskin rela antri dan berdesakan demi mendapatkan dana zakat. Bahkan sejumlah orang lanjut usia (lansia) dan anak-anak harus siap terhimpit di tengah kerumunan penerima zakat. 

Menag: Layanan Haji 1439H Sudah Siap

Senin, 11 Juni 2018
Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan layanan buat jemaah Indonesia di Arab Saudi pada musim haji 1439H/2018M sudah siap. 

Ini Lokasi Rukyatul Hilal Awal Syawal 1439H/2018M

Senin, 11 Juni 2018
Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama akan menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan awal bulan Syawal 1439H/2018M. Rukyatul Hilal akan dilaksanakan hari Kamis (14/06) mendatang pada 97 titik pemantauan yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia.

Bertemu Menag, 'Asal Yanto Albanjari Berkisah tentang Jadi Imam di Makkah

Minggu, 10 Juni 2018
Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bertemu dengan 'Asal bin Yanto Albanjari di Kantor Daker Makkah. Pemuda penghafal Alquran ini viral di media sosial karena kiprahnya sebagai imam salat di sejumlah masjid di Makkah. 

Litbang Kemenag Gelar Survei Nasional Indeks Kesalehan Sosial

Minggu, 10 Juni 2018
Jakarta (Kemenag) --- Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan (BALK) Kementerian Agama kembali menggelar Survei Nasional Indeks Kesalehan Sosial (IKS) tahun 2018.

Kesan Menag Atas Program Syiar Anak Negeri

Sabtu, 09 Juni 2018
Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama RI Bekerja sama dengan Stasiun TV Swasta Nasional Metro TV menggelar Syiar Anak Negeri. Yaitu,  sebuah Program pencarian bakat remaja (Tingkat Aliyah/SLTA/SMK) untuk berdakwah, baik melalui syiar maupun syair, dengan ceramah, khutbah, dongeng islami dan juga nasyid yang ditayangkan pada Bulan Suci Ramadhan 1439 H ini.

Kunjungi Dapur Madinah, Menag Ingatkan Higienitas dan Cita Rasa

Sabtu, 09 Juni 2018
Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tengah berada di Kota Madinah untuk meninjau penyiapan operasional haji 1439H/2018M. Menag memantau kesiapan layanan katering, akomodasi, dan kesehatan yang akan diberikan ke jemaah. 

Kemenag dan Komite Umrah Saudi Bahas Sinergi Pengawasan

Sabtu, 09 Juni 2018
Makkah (Kemenag) --- Ramadan dikenal sebagai fase terpadat penyelenggaraan umrah. Kepadatan jemaah umrah di bulan puasa ini bahkan dinilai mendekati puncak ibadah haji, saat jemaah melaksanakan Tawaf Ifadlah. 

Layanan Imigrasi Saudi Dilakukan di Setiap Asrama Haji Embarkasi Indonesia

Sabtu, 09 Juni 2018
Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan layanan imigrasi Arab Saudi untuk jemaah haji akan dihadirkan di Indonesia. Untuk pertama kalinya, tahun ini layanan biometrics yang mencakup pendataan 10 sidik jari dan foto wajah setiap jemaah haji dilakukan di asrama haji di 18 Embarkasi seluruh Indonesia.

Wakili Menag, Dirjen Apresiasi Penyerahan Sertifikat ISO 9001:2015 kepada MUI

Jumat, 08 Juni 2018
Jakarta (Kemenag) --- Mewakili Menteri Agama, Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin menghadiri penyerahan sertifikat ISO 9001:2015 dari Worldwide Quality Assurance (WQA) kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI). Penyerahan sertifikat ini berlangsung di Aula HM Rasjidi Kementerian Agama.

DSI Aceh Kirimkan Tim Khatib Jumat

Kamis, 31 Mei 2018

Banda Aceh –  Pihak Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh mengirimkan tim safari khatib jumat ke Gayo Lues, Aceh Tenggara, dan Simeulue. Para khatib khutbah jumat (14/5) masing-masing dikirim keenam masjid dalam setiap kabupaten tersebut. Umumnya di masjid kecamatan.

Demikian isi siaran pers yang diterima serambi dari pihak DSI Aceh, kemarin.  Disebutkan, ini merupakan kegiatan rutin DSI Aceh, kegiatan ini kerja sama DSI Aceh dengan berbagai lembaga/instansi di Aceh, seperti DSI Kota Banda Aceh, Uin Ar-Raniry, Perguruan Tinggi Tgk Chik Pante Kulu, Pimpinan Dayah/Pesantren, Kanwil Kemenag Aceh, dan Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh.

“Kamis, 3 mei 2018, semua tim bertolak ketiga kabupaten itu dari Banda Aceh. Tim ini nanti didampingi tiga pendamping dari Provinsi dan enam pendamping dari daerah masing-masing.” tulis siaran pers itu.

Sedangkan tema khutbah yang disampaikan para khatib adalah seputar pelaksanaan syariat Islam. Mejaga Kesatuan dan Persatuan Ummat, Pencegahan Bahaya Narkoba, dan Pentingnya Pendidikan Agama Bagi Anak Usia Dini,”demikian isi siaran pers itu. (rel/sal)

Sumber : Serambinewspaper

The post DSI Aceh Kirimkan Tim Khatib Jumat appeared first on Dinas Syariat Islam Aceh.

ULAMA SE-ACEH IKUTI KAJIAN TINGKAT TINGGI

Kamis, 31 Mei 2018

Kepala Dinas Syariat Islam Aceh DR EMK ALIDAR SAg MHum Memberikan Sambutan Pada Kajian Tingkat Tinggi di Aula Keurukon Katibul Wali/Sekretariat Lembaga Wali Nanggroe, Banda Aceh, Senin (7/5).

Banda Aceh – sebanyak 110 peserta terdiri atas unsur utama, pimpinan dayah, guru dayah, akademisi, mahasiswa, ormas islam, dan santri dayah kelas tujuh se-Aceh, mengikuti kajian tingkat tinggi tentang keislaman. Acara ini di Aula Keurukon Katibul Wali/Sekretariat Lembaga Wali Nanggroe Aceh, Banda Aceh, senin (7/5).

Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh, DR EMK Alidar SAg MHum mengatakan kajian tingkat tinggi ini terlaksana berkat kerja sama DSI Aceh dengan pengurus Forum Silaturahmi Ulama dan Umara Aceh. Kemarin, kajian ini diawali oleh angkatan I berjumlah 110 orang. Sedangkan total peserta 990 orang yang dibagi sembilan angkatan, sehingga kajian yang setiap angkatan berlangsung sehari penuh itu akan berlangsung hingga Desember 2018.

“Materi kajian tingkat tinggi ini disesuaikan dengan isu-isu strategis yang berkembang dalam masyarakat Aceh, sehingga menjadi bahan pertimbangan bagi Pemerintah Aceh dalam menetapkan berbagai kebijakan, kata EMK Alidar yang baru pada 4 Mei 2018 dilantik jadi kepala DSI Aceh.

Sedangkan narasumber kajian ini, kata EMK Alidar, para ulama kharismatik Aceh, akademisi, guru besar, serta dari nasional, dan luar negeri yang merupakan para ulama Ahlussunnah Wal Jamaah, seperti dari Yaman, Turki, Arab, Brunei Darussalam, Malaysia, dan negara Islam lainnya.

Sementara itu, tiga narasumber kemarin masih berasal dari Aceh, yakni Tgk Ahmad Tadjuddin atau lebih dikenal Abi Lampisang (Amar Makruf Nahi Mungkar dalam menjaga perdamaian), Drs Tgk Muhammad Ismi Lc MA yang lebih dikenal Abu Madinah (Perbandingan Mazhab dalam Bab Ibadah), dan Dr Tgk Abdullah Sani MA (Qanun Syariat Islam dalam Kerajaan Aceh Darussalam Abad 15).

Selanjutnya Gubernur Aceh , drh Irwandi Yusuf dalam sambutannya dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Keistimewaan, Dr M Jafar SH MHum saat membuka acara itu antara lain mengatakan forum ini sekaligus sebagai wahana memperkuat hubungan ulama dan umara di Aceh agar saling mendukung dalam menjalankan pembangunan. Pada kesempatan itu, Wali Nanggroe, Malik Mahmud Al Haytar juga ikut menyampaikan sambutan yang dibacakan Kepala Sekretariat Lembaga Wali Nanggroe Aceh/Keurukon Katibul Wali, Drs Syaiba Ibrahim. (sal/rel)

Sumber : Serambinewspaper

The post ULAMA SE-ACEH IKUTI KAJIAN TINGKAT TINGGI appeared first on Dinas Syariat Islam Aceh.

Ormas Islam Garda Terdepan Dalam Penerapan Syariat Islam

Rabu, 30 Mei 2018

Peserta Sedang Melakukan Registrasi pada Kegiatan Pembinaan dan Peningkatan Lembaga Dakwah se- Aceh Tahun 2018 di Aula Grand Aceh Syariah

Dinas Syariat Islam Aceh – Dinas Syariat Islam Aceh melalui UPTD Penyuluhan Agama dan Tenaga Dai, melakukan kegiatan Pembinaan dan Peningkatan Kualitas Lembaga Dakwah bagi Organisasi Masyarakat yang berlangsung di Aula Grand Aceh Syariah pada Selasa (8-10/05/2018)

Kegiatan yang dibuka langsung oleh kepala Dinas Syariat Islam Aceh yang diwakili oleh Kepala Bidang Dakwah dan Peribadatan Muhibuthibri S. Ag. Dalam sambutannya, Muhibuthiri menyampaikan pelaksanaan syariat Islam di Aceh secara legal formal sudah dimulai sejak tahun 2002. “Ada beberapa Undang-Undang yang di amanahkan pada  masyarakat Aceh untuk melaksanakan syariat Islam”, jelasnya.

“Dalam UU No. 44 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Keistimewaan Provinsi Daerah Istimewa Aceh dan UU No. 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh. Kedua undang-undang tersebut menjadi dasar kuat bagi Aceh untuk menjalakan Syariat Islam di Aceh. Untuk itu Pelaksanaan syarit Islam di Aceh di tujukan kepada semua aspek kehidupan, dari aspek aqidah syariah dan juga akhlak, dalam ajaran Islam 3 aspek ini menjadi pelajaran penting”.

Semetara itu, terkait isu yang sedang berkembang di tengah-tengah masyarakat saat ini dari mulai isu LGBT, Bunuh Diri dan prostusi online sangat meresahkan masyarakat. “Semua isu yang berkembang dan viral saat ini, semuanya berkaitan dengan pelanggaran syariat Islam, dan itu dikarenakan aqidah yang sudah melemah” tutur Muhibuthibri.

Oleh sebab itu kita mengharapkan lembaga dakwah bisa menjadi garda terdepan dalam penerapan dan penegakan syariat Islam secara kaffah di Aceh, juga dibutuhkan dukungan dan kerjasama dari semua pihak, khususnya dukungan daripada lembaga dakwan dalam menjalankannya” Tutup Muhib.

Kepala Seksi Penyuluhan Agama Malek Ridwan S. Sos. I yang mewakili Kepala UPTD Penyuluhan Agama Islam dan Tenaga Da’I dalam laporannya menyamapaikan bahwa kegiatan Pembinaan dan Peningkatan Kualitas Lembaga Dakwah se Aceh dilaksanakan selama tiga hari dimulai dari tanggal 08 s.d 10 Mei 2018. Adapun peserta yang hadir pada kegiatan ini berjumlah 60 orang perwakilan dari unsur Ormas Islam yang tergabung dalam lembaga dakwah. Pemateri yang dihadirkan pada kegiatan tersebut dari kalangan akademisi, MPU Aceh, dan Dinas Syariat Islam Aceh.

The post Ormas Islam Garda Terdepan Dalam Penerapan Syariat Islam appeared first on Dinas Syariat Islam Aceh.

DSI Aceh Pelatihan Takmir Masjid

Rabu, 30 Mei 2018

Penyerahan Peralatan Ibadah Kepada Pengurus Mesjid Kabupaten Aceh Singkil Oleh Kepala Dinas Syariat Islam Aceh pada (24/04/2018).

Dinas Syariat Islam Aceh – Sementara itu, pada 24-25 April 2018, Dinas Syariat Islam Aceh juga menggelar pelatihan takmir masjid di Aceh Singkil. Acara diikuti 50 peserta dari pengurus masjid di Singkil ini dibuka Kepala DSI Aceh, Dr Munawar A Djalil. “Kepada peserta diharapkan untuk dapat mengelola masjid dengan baik, penempatam imam fasih baca Alquran, menjaga kebersihan. Suasana masjid tertib dan sejuk. Yang paling penting shalat berjamaah lima waktu rutin,” kata Munawar yang juga seperti dikutip lewat siaran pers kepada Serambi kemarin.

Acara ini ditutup Sekretaris DSI Singkil, Drs H Abdul Hanan. Sedangkan narasumber enam orang, masing-masing tiga dari provinsi, yaitu Munawar A Djalil dan pejabat DSI Aceh, Muhibuthibri Sag, serta Kketua Badan Kemakmuran Masjid, Dr Mustanir Yahya MSc. Sedangkan tiga orang dari Singkil, yaitu Sekretaris DSI setempat, Drs H Abdul Hanan, Wakil Ketua MPU setempat, Drs Ramlan, dan Pengurus LPTQ setempat, Umma Abidin Mpd.

Sumber : Serambinews

 

The post DSI Aceh Pelatihan Takmir Masjid appeared first on Dinas Syariat Islam Aceh.

Dai Melanggar Diancam Pecat

Rabu, 30 Mei 2018

Penanda Tangan MOU Antar Dinas Syariat Islam Aceh dengan PT. Asuransi Takaful Keluarga di Aula Hotel Grand Aceh Syariah pada (27/4/2018)

Dinas Syariat Islam Aceh – Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh, Dr Munawar A Djalil MA, mengingatkan seluruh dai perbatasan yang selama ini ditempatkan di enam kabupaten/kota di Aceh, yaitu Aceh Tamiang, Kota Subulussalam, Aceh Singkil, Aceh Selatan, Aceh Tenggara, dan Gayo Lues, agar bertugas sesuai aturan. Jika tidak, maka sanksi terhadap mereka dipecat.

Munawar menyampaikan hal ini dalam sambutannya saat membuka Lokakarya Pembinaan dan Peningkatan Kualitas Dai Perbatasan di Hotel Grand Aceh Syariah, Banda Aceh, Jumat (27/4). Acara ini diikuti 212 dai perbatasan dalam dua gelombang, yakni I, 26-29 April 2018 dan II, 2-5 Mei 2018. “Bagi kami jika ada dai melanggar ketentuan sebagaimana diatur dalam Pergub Nomor 54 tentang Tugas Pokok Dai Perbatasan, maka tidak segan-segan melakukan evaluasi dan konsekuensinya adalah pemecatan,” kata Munawar seperti dikutip lewat siaran pers dikirim kepada Serambi kemarin. Munawar menekankan peran dan tugas dai, terutama yang bertugas di perbatasan pada masa mendatang semakin berat. Pasalnya, kepekaan terhadap lingkungan sangat berpengaruh terhadap kinerja mereka di lapangan. “Tugas berat dai perbatasan ini tidak akan berjalan, jika tidak ada kepekaan terhadap lingkungan tempat tugas, misalnya kerja sama dengan aparatur gampong untuk menyukseskan program pemerintah dalam hal pembinaan akidah masyarakat daerah perbatasan dan wilayah terpencil,” jelas Munawar.

Munawar mengatakan setiap tahun Pemerintah Aceh selalu meningkatkan kesejahteraan dai di lapangan. Oleh karena itu, dai dituntut lebih aktif bukan sekadar beretorika di atas panggung, tetapi juga diperlukan keberanian, kejujuran, disiplin, dan komitmen dalam bertindak.

Munawar menambahkan Pemerintah Aceh selama ini menempatkan dai di daerah perbatasan atas dasar kesungguhan melakukan pembinaan terhadap masyarakat perbatasan dan daerah terpencil yang sangat rawan pengaruh budaya asing. “Dalam hal ini Dinas Syariat Islam Aceh menempatkan sejumlah dai di wilayah pelosok-pelosok dengan harapan bisa membantu Pemkab dan Pemko setempat dalam pembinaan keagamaan,” ujarnya.

Pada kesempatana yang sama, Ketua Panitia Pelaksana, Nasruddin Ibrahim MAg menambahkan untuk meningkatkan kualitas dai perbatasan, pemateri yang mereka hadirkan dari akademisi, pakar, dan dari Dinas Syariat Islam Aceh. “Banyak problematika dai di lapangan, semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memecahkan persoalan yang terjadi di lapangan. Kami siap membantu saudara-sudara jika ada persoalan di lapangan. Tapi, jika anda berbuat salah akan dikenakan sanksi berat,” tegas Nasruddin.

Sumber : Serambinews

The post Dai Melanggar Diancam Pecat appeared first on Dinas Syariat Islam Aceh.

Peserta Yang Lolos TC (Training Center) MTQ Nasional Tahun 2018 Tahap II

Senin, 30 April 2018
calon peserta MTQN XXVII saat sedang melakukan registrasi di LPTQ Aceh, minggu (29/04/2018) siang.

Calon peserta MTQN XXVII saat sedang melakukan registrasi di LPTQ Aceh, minggu (29/04/2018) siang.

Berikut Nama Peserta Yang Lolos Pada Gelombang II Untuk Mengikuti TC (Training Center) MTQ Nasional Dalam Rangka Menghadapi MTQN XXVII Tahun 2018 Di SUMUT.

No Nama Cabang Golongan Jenis Kab / Kota
1. A Muzaiyyinul Asyir Qiraat Sab’ah Remaja Murattal Putra Aceh Besar
2. Sahula Ruzni Qiraat Sab’ah Remaja Murattal Putri Aceh Timur
3. Romi Saputra Qiraat Sab’ah Dewasa Murattal Putra Lhokseumawe
4. Hj. Nonong Sasmita Qiraat Sab’ah Dewasa Murattal Putri Aceh Selatan
5. Mahlil Qiraat Sab’ah Dewasa Mujawwad Putra Banda Aceh
6. Farida Hanum Qiraat Sab’ah Dewasa Mujawwad Putri Aceh Singkil
7. M. Akram Muntadhari Tahfidh 1 Juz Putra Banda Aceh
8. Raudhatul Jannah Tahfidh 1 Juz Putri Aceh Timur
9. Arsy Yallah Tahfidh 5 Juz Putra Pidie
10. Hikmatul Husna Tahfidh 5 Juz Putri Aceh Timur
11. Muhammad Rajul Fuzary Tahfidh 10 Juz Putra Aceh Besar
12. Farhataniah Tahfidh 10 Juz Putri Pidie
13. Muhammad Rizki Ananda Tahfidh 20 Juz Putra Aceh Besar
14. Niswatul Birra Tahfidh 20 Juz Putri Aceh Utara

The post Peserta Yang Lolos TC (Training Center) MTQ Nasional Tahun 2018 Tahap II appeared first on Dinas Syariat Islam Aceh.

Dr Munawar A Djalil : Bimtek Hakim/Pelatih MTQ Agar Tepat dan Benar Dalam Menilai !

Selasa, 24 April 2018
Kepala DSI Aceh, Dr Munawar A Djalil MA saat menyerahkan badge kepada juri/hakim dari kabupaten/kota Aceh di hotel Sulthan, Peunayong Banda Aceh, senin (23/04/2018).

Kepala DSI Aceh, Dr Munawar A Djalil MA saat menyerahkan badge kepada juri/hakim dari kabupaten/kota Aceh di hotel Sulthan, Peunayong Banda Aceh, senin (23/04/2018).

Dinas Syariat Islam Aceh – Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh melalui UPTQ PPQ menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) bagi pelatih/hakim MTQ tahun 2018 yang berlangsung di Aula Sulthan Hotel, Peunayong, Banda Aceh.

Kepala UPTD PPQ DSI Aceh Drs Ridwan Djohan selaku ketua panitia dalam laporannya menyebutkan tujuan bimtek ini untuk meningkatkan profesionalisme pelatih dan hakim MTQ, dikarenakan pelatih merupakan figur penting dibalik prestasi peserta di ajang MTQ, seorang pelatihlah yang membimbing, mengarahkan dan membentuk karakter sehingga peserta yang dibinanya berhasil dan sukses dalam mengikuti perlombaan MTQ. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yaitu dari 23 s/d 24 April 2018.

“Demikian juga hakim, hakim MTQ saat pelaksanaan MTQ menduduki posisi sentral karena berorientasi pada peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang ilmu Al-Qur’an yang perlu diupayakan secara berkelanjutan melalui berbagai pelatihan, bimtek dan bahkan perlu dilakukan sertifikasi kepada hakim MTQ”, tutur Ridwan yang juga sebagai imam Mesjid Raya Baiturrahman ini.

Untuk itu ia berharap penyelenggaraan bimtek ini dapat berjalan maksimal dan sukses sehingga dapat meningkatkan kualifikasi dalam menjadi pelatih dan hakim MTQ, serta dapat melahirkan para hakim yang berkualitas, berperilaku jujur, serta mampu memberikan penilaian objektif dalam pelaksanaan MTQ.

Sementara itu, Kadis DSI Aceh Dr Munawar A Djalil MA saat memberikan kata sambutan sekaligus membuka acara mengatakan kepada para pelatih/hakim yang mayoritas merupakan kader-kader muda ini agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dan sungguh-sungguh. “bimtek ini penting agar pelatih memperoleh akurasi penilaian yang tepat dan benar terhadap penampilan para peserta serta hakim harus adil karena selain bertanggung jawab kepada negara kita juga bertanggung jawab kepada Allah SWT”, tuturnya.

Munawar menambahkan , tugas kita tidak hanya menjadi pelatih di ajang MTQ saja, terdapat data 37% masyarakat Aceh tidak melek Al-Qur’an, ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk memastikan masyarakat Aceh dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, sehingga angka buta Al-Qur’an dapat terus ditekan menjadi semakin menurun.

Selain itu Munawar berharap kegiatan ini dapat berjalan maksimal karena para hakim/juri inilah menjadi penentu nilai para peserta, sehingga nantinya Aceh dapat memperoleh peringkat yang lebih baik pada MTQ nasional pada tahun-tahun mendatang. “Dengan doa dan ikhtiar semua pihak insyaAllah kita dapat memperoleh peringkat yang memuaskan”, ujarnya diakhir sambutan.

Kegiatan bimtek angkatan I yang diikuti 40 ini peserta meliputi para hakim dan juri dari 12 kabupaten/kota di dalam wilayah Aceh. Adapun pemateri dalam kegiatan bimbingan teknis ini antara lain T. Mardhatillah, S.HI, MH; M. Iqbal, S. HI: Zamni Yunus, MA; H. M. Zaini, MA; M. Raihan, S. Ag, SH., MH, H. Akhyar, M. Ag; H. Sulaiman Hasan, Lc., MA;  Dr Zaki Fuad MA dan Sayed Muniruddin, SE, M. Si.

The post Dr Munawar A Djalil : Bimtek Hakim/Pelatih MTQ Agar Tepat dan Benar Dalam Menilai ! appeared first on Dinas Syariat Islam Aceh.

Peserta Yang Lolos TC (Training Center) MTQ Nasional Tahun 2018 Tahap I

Selasa, 24 April 2018
Calon peserta MTQN ke XXVII sedang diseleksi oleh juri untuk menuju ketahap selanjutnya di aula LPTQ Aceh, kamis (19/04/2018) pagi.

Calon peserta MTQN ke XXVII sedang diseleksi oleh juri untuk menuju ketahap selanjutnya di aula LPTQ Aceh, kamis (19/04/2018) pagi.

Berikut Nama Peserta Yang Lolos Pada Gelombang I Untuk Mengikuti TC (Training Center) MTQ Nasional Dalam Rangka Menghadapi MTQN XXVII Tahun 2018 Di SUMUT.

No Nama Cabang Golongan Jenis Kab / Kota
1. Muhammad Tilawah Tartil Putra Aceh Besar
2. Najwatul Ulfa Tilawah Tartil Putri Aceh Timur
3. Ammar Fathani Tilawah Anak-anak Putra Aceh Besar
4. Najwa Thahira Tilawah Anak-anak Putri Aceh Utara
5. M. Ade Zainuddin ZA Tilawah Remaja Putra Gayo Lues
6. Adilla Lathifa Tilawah Remaja Putri Aceh Besar
7. Thantawi Tilawah Cacat Netra Putra Pidie
8. Syifa Urrachmah Tilawah Cacat Netra Putri Lhokseumawe
9. Ihsan Tilawah Dewasa Putra Pidie
10. Nurul Hayati Tilawah Dewasa Putri Aceh Timur

 

The post Peserta Yang Lolos TC (Training Center) MTQ Nasional Tahun 2018 Tahap I appeared first on Dinas Syariat Islam Aceh.

Kalender Agenda

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32