Indeks Berita

Tim Pengadaan Barjas Kemenag Dalami Perpres Nomor 16/2018

Kamis, 18 Oktober 2018
Surabaya (Kemenag)---Kementerian Agama (Kemenag) mengelar Bimbingan Teknis Pengadaan barang/Jasa pemerintah bagi Unit Layanan Pengadaan (ULP) di 135 Satuan Kerja (Satker) Kemenag se Indonesia. Bimtek yang diikuti ratusan peserta tersebut digelar 17-19 Oktober 2018 di Hotel Tunjungan, Kota Surabaya. 

Bertemu Pengelola RS se-Indonesia, Menag Bicara tentang Religious Hospital

Kamis, 18 Oktober 2018
Jakarta (Kemenag) --- Pada era disrupsi saat ini, rumah sakit menghadapi tantangan yang tak mudah. Kemampuan teknis saja tidak cukup untuk bekal sebuah rumah sakit untuk dapat eksis. Karenanya,  perlu diimbangi degan kemampuan non teknis dan psikis.

DPR Ingin Pastikan Program SBSN Berjalan Baik

Kamis, 18 Oktober 2018
Banjarmasin (Kemenag) - Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher ingin memastikan kegiatan atau program pembangunan sarana akademik di Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKIN), Asrama Haji, gedung madrasah, dan gedung Balai Nikah dan Manasik Haji yang dana pembangunannya bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) berjalan baik.  

Kemenag Kaji Masa Tinggal di Hotel Transit dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji Khusus

Kamis, 18 Oktober 2018
Bandung (Kemenag) --- Kementerian Agama akan mengkaji masa tinggal di hotel transit dalam penyelenggaraan ibadah haji khusus. Kasubdit Pemantauan dan Pengawasan Umrah dan Haji Khusus Mulyo Widodo saat ditemui di sela-sela kegiatan Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji Khusus 1439H/ 2018M mengatakan bahwa ada beberapa Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang melebihi batas masa tinggal di hotel transit dengan argumentasi efisiensi.

Menag Tawarkan Alternatif Pembiayaan Rumah Sakit pada Kongres PERSI

Kamis, 18 Oktober 2018
Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin didaulat menjadi pembicara pada Kongres Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) ke-14, di Plennary Hall Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. Pada kesempatan tersebut, Menag menawarkan sejumlah alternatif untuk melakukan pembiayaan pengelolaan rumah sakit.

Menag Salurkan 10Miliar Bantuan Terdampak Gempa NTB, Ini Penerimanya

Kamis, 18 Oktober 2018
Mataram (Kemenag) --- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyalurkan bantuan untuk korban terdampak gempa di Nusa Tenggara Barat. Kepala Biro Umum Syafrizal menjelaskan bahwa total bantuan yang diserahkan Menag berjumlah Rp10 miliar. Bantuan itu disalurkan untuk lembaga pendidikan agama dan keagamaan, serta rumah ibadah. 

Jumlah Ayat Alquran

Kamis, 18 Oktober 2018
Beberapa ulama memiliki perbedaan cara dalam menghitung ayat Alquran. Paling tidak, terdapat 7 mazhab yang diikuti terkait hitungan jumlah ayat kitab suci umat Islam ini. Semuanya sepakat bahwa bilangan ayat Alquran lebih dari 6.200 ayat, namun berapa lebihnya, mereka berbeda pendapat. Ketujuh mazhab tersebut adalah 

Nur Syam Bicara Integritas Pada Bimtek Pengadaan Barang/Jasa Kemenag

Kamis, 18 Oktober 2018
Surabaya (Kemenag)---Guru Besar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Nur Syam menjadi pemateri pada kegiatan Bimbingan Teknis Pengadaan Barang dan Jasa Kementerian Agama (Kemenag) 2018 di Hotel Tunjungan, Kota Surabaya, Kamis (18/10).

Menag Sapa Mahasiswa UIN Mataram yang Belajar di Tenda

Kamis, 18 Oktober 2018
Mataram (Kemenag) --- Dalam rangkaian kunjungan kerja di Nusa Tenggara Barat, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyambangi dan menyapa mahasiswa-mahasiswi Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram yang sedang belajar di tenda darurat. Tenda yang didirikan di halaman kampus ini merupakan bantuan dari ASN Kementerian Agama. 

Kemenag Gelar Bimtek Pengelola Aplikasi e-Data

Kamis, 18 Oktober 2018
Padang (Kemenag) --- Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Setjen Kementerian Agama menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengelola Aplikasi e-Data. Kegitan yang berlangsung di Padang, Sumatera Barat ini diikuti para statistisi dan pengelola data di Kementerian Agama, pusat dan daerah.

Menag Ajak Pengelola Rumah Sakit Serap Nilai-Nilai Agama

Kamis, 18 Oktober 2018
Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjadi pembicara pada Kongres Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) ke-14. Kongres ini berlangsung di Jakarta dan diikuti para pengelola rumah sakit se-Indonesia yang terdiri dari dokter dan paramedis.

Peringati Hari Pangan Sedunia, Pemerintah Optimalisasi Lahan Rawa untuk Pertanian Produktif

Kamis, 18 Oktober 2018
Barito Kuala (Kemenag) --- Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) berkomitmen mewujudkan kemandirian pangan. Salah satunya, melalui optimalisasi lahan rawa sebagai lahan suboptimal untuk pertanian produktif. 

DWP Kemenag Salurkan Bantuan 500 Juta untuk Korban Terdampak Gempa NTB

Rabu, 17 Oktober 2018
Mataram (Kemenag) --- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama menyalurkan bantuan untuk korban terdampak gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Total bantuan yang diserahkan sebesar Rp500 juta.

STAHN Dalam Proses Alih Status, Menag: Itu Tantangan

Rabu, 17 Oktober 2018
Mataram (Kemenag) --- Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) saat ini dalam proses alih status menjadi institut. Proses ini sudah mendekati tahap akhir karena seluruh persyaratan sudah terpenuhi.

Branding PTKIN dengan Go Digital

Rabu, 17 Oktober 2018
Jakarta (Kemenag) - Di era dengan pertumbuhan digital yang pesat saat ini, semua dibutuhkan tersaji dengan cepat dan instan, hal inilah yang mengharuskan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) untuk  berbenah terlebih dalam hal publikasi menjadi publikasi yang "go digital" untuk kepentingan Branding PTKIN.

Tidak Ada Klausul Infrastruktur dalam Akad Wakalah Pendaftaran Haji

Rabu, 17 Oktober 2018
Jakarta (Kemenag) --- Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Ramadhan Harisman, memastikan bahwa tidak ada klausul penggunaan dana haji untuk pembangunan infrastruktur pada formulir akad wakalah yang harus ditandatangani jemaah saat mendaftar. 

Gelar Rakornas, Menag Minta BPJPH Kebut Penyelesaian Regulasi

Rabu, 17 Oktober 2018
Jakarta (Kemenag) --- Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) untuk kali pertama. Rakornas yang mengangkat tema “Halal Indonesia untuk Masyarakat Dunia” ini dihadiri Ketua Komisi VIII Ali Taher, Sekjen Kemenag, jajaran BPJPH, serta para Kakanwil Kemenag Provinsi dan Rektor PTKIN.

Kemenag Lakukan Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji Khusus

Rabu, 17 Oktober 2018
Bandung (Kemenag) --- Kementerian Agama melalui Direktorat Bina Umrah dan Haji Khusus Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan ibadah haji khusus tahun 1439 H / 2018 M. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaring masukan guna perbaikan penyelenggaraan ibadah haji khusus.

Menag Serahkan 10 Milliar Bantuan Gempa Lombok

Rabu, 17 Oktober 2018
Mataram (Kemenag) --- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyerahkan bantuan sebesar Rp10 Milliar kepada masyarakat yang terdampak gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Setelah PTKIN, Kemenag Mulai Bangun Madrasah dan Ponpes

Rabu, 17 Oktober 2018
Mataram (Kemenag) --- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan bahwa pada lima tahun terkahir, Kemenag memprioritaskan pembangunan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Selanjutnya, Kemenag akan fokus membangun Madrasah dan Pondok Pesantren (Ponpes).

Aceh Raih Peringkat 7 Pada Penutupan MTQN XXVII Tadi Malam

Sabtu, 13 Oktober 2018

Setelah melewati babak final yang berlangsung pada hari jumat (12/10/2018) pagi hingga malam yang berlangsung di tempat yang berbeda, akhirnya pihak panitia mengumumkan nama-nama pemenang yang menjuarai MTQ tingkat Nasional Sumut XXVII secara resmi pada malam penutupan MTQN. Pada MTQN kali ini Aceh meraih peringkat 7 Nasional, ini merupakan prestasi lebih baik dari MTQN yang lalu dimana pada 2016 Aceh menduduki posisi 8 Nasional.

Acara penutupan MTQN XXVII Sumut berlangsung di arena utama (Astaka) jalan pancing/ jalan willem Iskandar Medan, jumat (12/10/2018) malam. Dalam acara tersebut, panitia akan mengumumkan pemenang juara 1, 2 dan 3 serta juara harapan.

Selain pengumuman juara sederet hiburan juga turut ditampilkan antara lain tarian dan penampilan musisi papan atas, Iwan Fals dan Vidi Aldiano yang menghadiri acara penutupan malam tadi.

Sementara kafilah Aceh yang turut hadir Kadis DSI Aceh Dr EMK Alidar, S.Hi, M.Hum beserta istri, Kepala UPTD PPQ Drs Ridwan Johan, sejumlah pejabat terkait serta pemenang dalam musabaqah yang memenuhi tribun arena utama.

Berikut Nama-nama peserta yang memperoleh juara MTQN ke XXVI di SUMUT tahun 2018 :

 

No Nama Cabang Juara Golongan
1. Ikram Abd Azis Tafsir 1 Tafsir Bahasa Arab Putra
2. Grup Syarhil Syarhil Qur’an 1 Grup Syarhil Putri
3. Najwatul Ulfa Tilawah 2 Tilawah Tartil Putri
4. Sahula Ruzni Qiraat Murattal 2 Qiraat Murattal Remaja Putri
5. Arsy Yallah Tilawah dan 5 Juz 2 Tilawah dan 5 Juz Putra
6. Masnaria Dewi Rahmah Tafsir 2 Tafsir Bahasa Inggris Putri
7. A Muzayyinul Asyir Qiraat Murattal 3 Qiraat Murattal Remaja Putra
8. Syekh Marzawi khat Mushaf 3 khat Mushaf Putra
9. Ammar Fathani Tilawah Harapan 1 Tilawah anak-anak Putra
10. Grup Fahmil Fahmil Qur’an Harapan 1 Fahmil Qur’an Putra
11. Rahmawati Khat Mushaf Harapan 1 Khat Mushaf Putri
12. Romi Saputra Qiraat Murattal Harapan 2 Qiraat Murattal Dewasa Putra
13. Hj Nonong Sasmita Qiraat Murattal Harapan 2 Qiraat Murattal Dewasa Putri
14. M Rajul Fuzari Tahfidh Harapan 2 10 Juz Putra
15. M Rizki Ananda Tahfidh Harapan 2  20 Juz Putra
16. Grup Syarhil Syarhil Qur’an Harapan 2 Grup Syarhil Putra
17. Mauliza Juliantika Tahfidh Harapan 3 30 Juz Putri
18. Khairullah Khat Dekor Harapan 3 Khat Dekor Putra
19. Aslim Tafsir Bahasa Inggris Harapan 3 Tafsir Bahasa Inggris Putra

The post Aceh Raih Peringkat 7 Pada Penutupan MTQN XXVII Tadi Malam appeared first on Dinas Syariat Islam Aceh.

10 Peserta MTQN Asal Aceh Menuju Babak Final

Jumat, 12 Oktober 2018

 

Grup syarhil putri asal Aceh saat tampil pada saat babak final di Pascasarjana UINSU, kamis (11/10/2018) pagi.

Grup syarhil putri asal Aceh saat tampil pada saat babak final di Pascasarjana UINSU, kamis   (11/10/2018) pagi.

Dinas Syariat Islam Aceh – Hari ini, kamis (11/10/18) para peserta MTQ tingkat Nasional Sumut yang berhasil melewati babak penyisihan akan tampil di babak final. Menurut jadwal, perlombaan akan dimulai sejak pagi hingga dini hari atau sampai selesai. Sementara provinsi Aceh sendiri ada 10 peserta yang lolos menuju final.

Adapun sepuluh peserta asal Aceh yang sudah masuk final itu antara lain Najwatul Ulfa cabang tartil anak putri dan cabang Qira’at Sab’ah murattal remaja putra dan putri (Ahmad Muzaiyyinul ‘Asyir dan Sahula Ruzni). Selanjutnya cabang tafsir bahasa Inggris putri (Masnaria Dewi Rahmah), tafsir bahasa Arab putra (Muhammad Ikram  Abdul Aziz), kelompok syarhil putri (Intan Novia, Izzatul Muna, Mildawati).

Selanjutnya dari cabang hiasan mushaf putra (Syech Marzawi) serta cabang 5 juz putra (Arsy Yallah). Kepastian kesepuluh peserta ini melaju ke final disampaikan oleh T. Mardhatillah  Shi MH selaku koordiantor pelatih dan akan berlangsung di beberapa lokasi terpisah.

Selain itu, ada beberapa peserta asal provinsi Aceh yang memperoleh juara harapan, baik harapan satu, dua, maupun tiga. Hal ini dilihat berdasarkan perolehan nilai yang didapat mereka, namun kepastiannya dapat dilihat pada malam penutupan MTQ nanti, yaitu pada Jum’at malam (12/10/2018).

The post 10 Peserta MTQN Asal Aceh Menuju Babak Final appeared first on Dinas Syariat Islam Aceh.

Arsy Yallah Tampil Dini Hari

Rabu, 10 Oktober 2018
Arsyi Yallah (kiri) dan Hikmatul Husna (kanan) cabang tilawah dan 5 juz ditemani koordinator pelatih T Mardhatillah (tengah) di Istana Maimun Rabu (10/102018) Malam.

Arsyi Yallah (kiri) dan Hikmatul Husna (kanan) cabang tilawah dan 5 juz ditemani koordinator pelatih T Mardhatillah (tengah) di Istana Maimun Rabu (10/102018) Malam.

Perhelatan MTQN XXVII sudah memasuki hari keempat, sebagian besar peserta asal Aceh sudah menunjukkan kebolehannya dalam even tersebut. Pemegang nomor urut 120 Arsy Yallah cabang tilawah dan 5 Juz ini tampilkan kebolehannya di Istana Maimun pada dini hari pukul 01.40 WIB. Penampilan peserta dari kafilah Aceh ini dimulai dengan melantunkan ayat suci Al Qur’an. Selanjutnya dewan hakim menanyakan beberapa soal dan ia berhasil menjawabnya dengan baik tanpa keraguan.

Meskipun guyuran hujan yang deras tidak sedikitpun menyurutkan semangat Arsy untuk menampilkan penampilan terbaiknya. “ Walau sudah menunggu lama, semangat Arsy tidak memudar dan tetap mengerahkan potensinya dalam performanya ,” ujar sekretaris kafilah Aceh Ridwan Johan.

Arsy berharap ia dapat memberikan penampilan terbaik sehingga mampu lolos ke babak final,” Mohon do’a dari semua agar saya dapat memberikan penampilan terbaik sehingga lolos ke babak final dan mampu mengharumkan nama Aceh,” harap Arsyi saat menunggu giliran tampil.

Kadis Syariat Islam Aceh EMK Alidar menyatakan kebahagiaannya dan bangga terhadap peserta kafilah Aceh karena kesungguhan dan semangatnya untuk mendapatkan kemenangan dalam musabaqah ini,“ Selamat berjuang kepada duta-duta terbaik Aceh, semoga kita memperoleh hasil yang maksimal ,” tutur EMK Alidar sekaligus Ketua Kafilah Aceh.

Sementara Drs Tgk Azhari Abu Bakar selaku Kabid Penais Zawa Kemenag Aceh yang turut dalam rombongan kafilah Aceh  meminta kepada peserta yang sudah lolos babak penyisihan itu agar terus berlatih dan tetap menjaga konsentrasi guna menghadapi babak final. “ Kepada kafilah Aceh untuk tetap mawas diri, tetap bersinergi dan pedoman pada instruksi serta berdoa pada ilahi, InsyaAllah kita akan sukses,” pesannya.

The post Arsy Yallah Tampil Dini Hari appeared first on Dinas Syariat Islam Aceh.

Hari Keempat, Ada Lima Peserta MTQ Asal Aceh Akan Tampil

Rabu, 10 Oktober 2018
Peserta MTQN asal Aceh Muhammad Ikram Abdul Aziz cabang tafsir bahasa Arab putra sedang unjuk kebolehannya di Aula Quba Asrama Haji pada Rabu (10/10/18) pagi.

Peserta MTQN asal Aceh Muhammad Ikram Abdul Aziz cabang tafsir bahasa Arab putra sedang unjuk kebolehannya di Aula Quba Asrama Haji pada Rabu (10/10/18) pagi.

Dinas Syariat Islam Aceh – Dari total 56 peserta MTQ Nasional Sumut asal Aceh sudah tersisa l5 orang yang belum tampil. Dijadwalkan kelima peserta  ini tampil pada hari ini, Rabu (10/10/18) di lokasi yang terpencar di beberapa arena sekitar Medan dan Deli Serdang.

Kendati cuaca di Medan dan sekitarnya diguyur hujan deras dalam beberapa hari ini namun tidak menyurutkan langkah para peserta untuk tampil maksimal. Hal ini diutarakan peserta asal Aceh Najwa Thahira cabang tilawah anak-anak putri. Pukul 07.00 pagi ia sudah standby di lobi hotel dan tampak bersemangat menuju arena. “Najwa ingin mempersembahkan penampilan terbaik, agar menjadi juara,” harap Najwa.

Adapun lima peserta yang akan tampil hari Rabu antara lain Najwa Thahira pemegang nomor urut 163 cabang tilawah anak-anak bertempat di Lapangan Merdeka Medan kemudian Farhataniah nomor 261 cabang 10 juz putri di Aula Jabal Nur Asrama Haji selanjutnya Muhammad Ikram Abdul Aziz nomor 136 cabang tafsir bahasa Arab putra di Aula Quba Asrama Haji dan Masnaria Dewi Rahmah nomor 341 cabang bahasa Inggris putri bertempat di Aula Kampus Unimed Bandung. Keempatnya akan tampil antara pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

Sedangkan jadwal pada siang hari kosong, terakhir Ihsan AB pemegang nomor urut 448 (tilawah dewasa putra) akan tampil pada malam hari antara pukul 20.30 hingga 23.0 WIB di arena utama, gedung Serbaguna, Deli Serdang.

Di sela-sela menonton penampilan para  peserta, sekretaris kafilah Drs Ridwan Johan menjelaskan kondisi para peserta,” Alhamdulillah sejauh ini para peserta dalam kondisi sehat, dan dapat tampil di lokasi yang ditetapkan oleh panitia serta yang kita harapkan tentunya hari ini dapat tampil baik,” demikian tutur Ridwan Johan. Sharp Drivers

The post Hari Keempat, Ada Lima Peserta MTQ Asal Aceh Akan Tampil appeared first on Dinas Syariat Islam Aceh.

Regu Syarhil Putri Kafilah Aceh Memperoleh Point Tertinggi

Selasa, 09 Oktober 2018

Dinas Syariat Islam Aceh – Pemegang nomor urut 023 Raudhatul Jannah cabang tahfidh 1 Juz putri tampil pada hari ketiga perlombaan MTQ tingkat Nasional ke XXVVI di Lapangan Istana Maimun selasa (9/10/2018) pagi. Penampilan peserta dari kafilah Aceh ini dimulai dengan melantunkan ayat suci Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 8. Selanjutnya dewan hakim menanyakan beberapa soal dan ia berhasil menjawabnya dengan baik.

Karena performa anak asuh dari T. Mardhatillah Shi MH yang memuaskan ini, membuat penonton meminta sekedar foto bersama dan menyatakan kekaguman terhadap penampilannya. “Penampilannya sangat bagus sehingga memotivasi kami agar bisa seperti Raudhah” ujar salah seorang penonton yang berasal dari Medan.

Sementara di Gelanggang Pascasarjana UINSU cabang Syarhil Qur’an Putra dan Putri dengan nomor urut 037 dan 038 juga tampil sangat maksimal. Setelah tampil mereka sempat diwawancarai oleh salah satu stasiun TV lokal. “Pelatih cabang syarhil beserta anak didiknya di wawancarai TV Sumut karena regu syarhil Putri menempati nilai tertinggi 91,5“ jelas Ridwan Johan selaku sekretaris Kafilah Aceh.

Masih dalam komplek yang sama di gedung Aula UINSU cabang Fahmil Qur’an putri yang terdiri dari Nabila, Wilda dan Muthmainnah. Sedangkan Fahmil Qur’an putra yang terdiri dari Hafidz, Arif Maulana dan Khalil memperoleh nilai 950 dan terpilih untuk mengikuti semifinal pada esok hari. Mereka berharap dapat melewati babak semifinal dengan baik dan memperoleh skor yang tinggi sehingga dapat lanjut ke babak final.

Selain Raudhatul Jannah cabang tahfidh 1 Juz Putri, Fahmil Qur’an dan Syarhil Qur’an juga tampil sejumlah peserta dari Aceh lainnya yaitu :

  1. Farida Hanum Mujawad Dewasa Putri di Arena Utama
  2. Ade Zainuddin Remaja Putra di Lapangan Merdeka Medan
  3. Romi Saputra Murattal Dewasa Putra di Aula Madinah al Munawwarah Asrama Haji
  4. Niswatul Birra 20 Juz Putri di Aula Jabal Nur Asrama Haji
  5. Nurul Husna Tafsir Bahasa Indonesia di Aula Kampus UNIMED Pancing
  6. Hermansyah Tafsir Bahasa Indonesia di Aula Kampus UNIMED Pancing

The post Regu Syarhil Putri Kafilah Aceh Memperoleh Point Tertinggi appeared first on Dinas Syariat Islam Aceh.

14 peserta MTQN Aceh Tampil Pada Hari Ke-2

Selasa, 09 Oktober 2018
Peserta dari cabang Khattil sedang menyelesaikan tugasnya yang berlangsung di gedung Serbaguna Indoor pada Senin (8/10/18) pagi.

Peserta dari cabang Khattil sedang menyelesaikan tugasnya yang berlangsung di gedung Serbaguna Indoor pada Senin (8/10/18) pagi.

Dinas Syariat Islam Aceh – Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Nasional ke XXVII yang berlangsung Sumut hari ini (8/10/18) sudah memasuki hari kedua. Sebelumnya pada pertama sudah tampil 15 peserta dari Aceh dalam berbagai cabang. Sedangkan pada hari ini dijadwalkan tampil 14 peserta dari Aceh di lokasi yang berbeda.

Saat ini salah satu qari Aceh Mahlil dengan nomor urut 002 cabang Qira’ah Sab’ah Mujawwad dewasa putra menjawab surat An-Naml ayat 60 sudah memberikan penampilan yang cukup memuaskan.  Ia tampil pagi sekitar pukul 10.00 WIB di arena utama.

Sementara di gedung Serbaguna Indoor yang berada tak jauh dari arena utama berlangsung cabang khattil dengan durasi waktu selama 8 jam. Adapun pesertanya, Rahmawati cabang hiasan mushaf putri, Syech Marzawi cabang hiasan mushaf putra, Citra Sari Ujung cabang kontemporer putri dan Mirwan cabang kontemporer putra.

Selepas Zhuhur giliran hafidzah pemegang nomor urut 413 Mauliza Juliantika cabang 30 juz putri  yang tampil di Aula Quba Asrama Haji. Menurut Mauliza, ia berusaha tampil maksimal dan sudah mengerahkan segala kemampuannya, sehingga berharap dapat mengukir prestasi dalam even ini.

Selain Mahlil dan Mauliza, hari ini juga tampil si qari cilik Ammar Fathani dari cabang tilawah anak putra yang melantunkan kalam Ilahi di Lapangan Merdeka, Sahula Ruzni cabang Murattal remaja putri di Aula Madinah Al-Munawarah Asrama Haji, Muhammad Akram Muntazhari cabang 1 juz Putra di Lapangan Istana Maimun, Azmul Fauzi cabang MMQ putra di Gedung Sumekto Akademi Pariwisata, Hikmatul Husna cabang 5 juz putri di lapangan Istana Maimun serta Arsy Yallah cabang 5 juz putra di Lapangan Istana Maimun.

Sementara itu qariah pemilik nomor urut 421 atas nama Nurul Hayati cabang tilawah dewasa putri akan memberikan penampilan terbaiknya pada malam ini selepas Isya. Sekretaris kafilah Aceh Drs Ridwan Johan meminta kepada peserta agar fokus dan menjaga konsentrasi sehingga mampu tampil maksimal. “Masuk hari kedua agar peserta menjaga konsentrasi supaya mampu memberikan performa terbaik sehingga bisa meraih prestasi gemilang seperti harapan Gubernur dan seluruh masyarakat Aceh.”

The post 14 peserta MTQN Aceh Tampil Pada Hari Ke-2 appeared first on Dinas Syariat Islam Aceh.

Qari dan Qari’ah Aceh Tampil Maksimal di Hari Pertama

Selasa, 09 Oktober 2018
Najwatul Ulfa peserta cabang tartil anak putri terharu usai tampil Aula King Abdul Aziz Asrama Haji pada Minggu (7/10/18) pagi.

Najwatul Ulfa peserta cabang tartil anak putri terharu usai tampil Aula King Abdul Aziz Asrama Haji pada Minggu (7/10/18) pagi.

Dinas Syariat Islam Aceh – Pemegang nomor urut 008 qari Muhammad cabang tartil anak putra tampil pada hari pertama perlombaan MTQ tingkat Nasional ke XXVVI di Sumut minggu (7/10/18) pagi. Penampilan peserta paling muda dari kafilah Aceh ini cukup memuaskan, ia menjawab surat Al-Baqarah ayat 21 di Aula King Abdul Aziz Asrama Haji.

Kemudian dilanjutkan oleh peserta cabang tartil anak putri Najwatul Ulfa dengan nomor urut 009. Ia mampu menjawab surat Al-Baqarah dimulai dari ayat 148, penampilannya sangat memukau dewan hakim sehingga Najwa memperoleh nilai 94,83.

Sementara masih dalam komplek yang sama di gedung Aula Madinah Al-Munawwarah Asrama Haji, pemegang nomor urut 208 atas nama Ahmad Muzaiyyinul ‘Asyir cabang Qira’ah Sab’ah Murattal remaja putra juga tampil sangat maksimal. Ia mampu menjawab surat Al-Isra ayat 48 riwayat Qalun dan Warasy Imam Nafik sehingga memperoleh nilai yang cukup tinggi 95,67.

Setidaknya ada 12 peserta lain dari kafilah Aceh yang tampil pada hari pertama antara yaitu Rifqah Lathifah nomor 103 cabang tafsir bahasa Arab putri di Aula Quba Asrama Haji, sementara di Gedung Serbaguna Indoor ada Azlina (naskah putri), Nukman (naskah putra), Zunfikriah (dekorasi putri) dan Khairullah (dekorasi putra). Peserta cabang MMQ putri atas nama Radhia Humaira tampil di Gedung Sumekto Akademi Pariwisata.

Setelah Zhuhur antara pukul 13.00-17.00 WIB ada penampilan dari Thantawi canet putra dan Syifaur Rahmah canet putri di Aula King Abdul Aziz Asrama Haji. Kemudian Adilla Latifa di cabang remaja putri, Nonong Sasmita cabang Murattal dewasa Putri, M. Rizki Ananda cabang Hafidz 10 juz putra serta Wahyu Ridha cabang 30 juz putra di lokasi yang berbeda-beda.

Sekretaris kafilah Aceh Drs Tgk. H. Ridwan Johan, usai menyaksikan penampilan putra-putri mengatakan selain untuk memberikan dukungan kepada peserta, ini juga dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam melaksanakan tugas dan berusaha jika selesai satu lokasi langsung menuju lokasi lainnya yang akan tampil.

Ia juga bersyukur para peserta dapat memberikan penampilan terbaiknya dan berharap yang tersisa juga mampu memberikan penampilan terbaik. “Alhamdulillah peserta yang sudah tampil telah melakukan dengan maksimal, saya berharap mudah-mudahan peserta yang tersisa dapat memberikan penampilan yang maksimal juga,” harap Ridwan Johan.

The post Qari dan Qari’ah Aceh Tampil Maksimal di Hari Pertama appeared first on Dinas Syariat Islam Aceh.

Kafilah Aceh Hadiri Pembukaan MTQN XXVII SUMUT

Senin, 08 Oktober 2018
Kadis DSI Aceh sekaligus ketua kafilah Aceh menghadiri acara pembukaan MTQ XXVII tingkat Nasional yang berlangsung di kompleks gedung serbaguna T Rizal Nurdin, Deli Serdang, Medan, Minggu malam (7/10/2018).

Kadis DSI Aceh sekaligus ketua kafilah Aceh Dr H EMK Alidar S.Ag M.Hum (kiri) menghadiri acara pembukaan MTQ XXVII tingkat Nasional yang berlangsung di kompleks gedung serbaguna T Rizal Nurdin, Deli Serdang, Medan, Minggu malam (7/10/2018).

Dinas Syariat Islam Aceh – Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo membuka langsung Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Nasional XXVII 2018 di Medan, Sumatera Utara, Minggu malam (7/10/2018) bertempat di kompleks gedung serbaguna T Rizal Nurdin, Deli Serdang, Medan.

Sekitar 20 orang kafilah Aceh turut memeriahkan acara pembukaan MTQN 2018 yang dihadiri Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Asisten I bidang pemerintah dan keiistimewaan Setda Aceh Dr M Jakfar S.H, M.Hum, Kepala Biro Isra Setda Aceh Zahrol Fajri S.Ag, MH, Kadis DSI Aceh Dr H EMK Alidar S.Ag M.Hum, kepala UPTD PPQ sekaligus sekretaris Kafilah Aceh Drs Ridwan Johan, Pelatih serta Official.

Ketua Kafilah Aceh Dr H EMK Alidar S.Ag M.Hum mengatakan bahwa Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengucapkan selamat datang kepada presiden RI Joko Widodo beserta Istri sembari menyampaikan bahwa terdapat kebahagiaan tersendiri MTQN XXVII 2018 dapat dibuka langsung oleh presiden RI. Dalam MTQ kali ini diikuti oleh sekitar 1500 kafilah perwakilan dari 34 provinsi se-Indonesia.

EMK Alidar menginformasikan dari pernyataan gubernur Sumut bahwa dalam MTQ ini terdapat beberapa rangkaian kegiatan selain musabaqah seperti parade 1000 Hafidz, malam taaruf, pameran, dan launching buku serta seminar tentang budaya keislaman.

Tujuan MTQN ini selain untuk dipedomani juga untuk merevolusi mental menuju insan yang Qur’ani dan meningkatkan rasa persatuan dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia. Ia berpesan seluruh masyarakat ikut menyukseskan ajang yang bergengsi ini serta memberikan kontribusi yang baik bagi seluruh Kafilah, ungkap EMK Alidar seperti yang dikutip dari pernyataan Gubernur Sumut.

“Setiap Kafilah terus berusaha dan ikhtiar untuk memberikan penampilan terbaiknya dan semoga diberikan keberkahan dan kekuatan lahir batin”, ujar Kadis DSI Aceh mengenai harapan Gubernur Sumut.

Selain Gubernur Sumut Presiden Joko Widodo turut memberikan kata sambutan mengenai MTQN. “Musabaqah Tilawatil Qur’an ini bukan hanya persoalan menang kalah tetapi bagaimana membumikan Qur’an dalam dunia nyata sebagai salah satu sumber kesejukan bagi kita semua. Presiden RI berharap kita Terus menjaga persaudaraan dan kerukunan karena itu kekuatan bagi Indonesia utuk terus maju,” jelas kepala UPTD PPQ sekaligus sekretaris Kafilah Aceh Drs Ridwan Johan yang dikutip dari pernyataan Presiden RI Joko Widodo.

Dalam acara tersebut terdapat beberapa rangkaian acara seperti penampilan tarian melayu oleh siswa/i Medan, konfigurasi nama Allah serta beberapa atraksi menarik lainnya.

Selanjutnya pembukaan MTQ XXVII tingkat Nasional oleh Presiden RI Joko Widodo secara resmi dengan pemukulan bedug yang didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Selanjutnya acara diakhiri dengan pembacaan do’a oleh ketua MUI Medan Prof H M Hatta.

The post Kafilah Aceh Hadiri Pembukaan MTQN XXVII SUMUT appeared first on Dinas Syariat Islam Aceh.

Kalender Agenda

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32