Selamat Datang di Website Resmi Dinas Syari'at Islam dan Pendidikan Dayah Kab. Aceh Tengah (Web ini masih dalam proses pengembangan)

Umah Pitu Ruang Gayo

Kategori : Rumah Adat Selasa, 01 Oktober 2019 - Oleh hermansp26

Umah Pitu Ruang adalah bangunan rumah yang mempunyai 7 ruang, terdiri dari :
a. 2 ruangan besar disebut Lepo, 5 unit belek/bilik atau umah renong berjejer dari arah dinding timur, posisinya diantara serami rawan dan serami banan.
b. Lepo adalah ruangan selain belek/bilik dan lantainya lebih rendah.
c. Lepo rawan dan lepo banan, lepo rawan disebelah kiri dan depan tangga naik, sisanya lepo banan yang disekat dan diberi Pintu Kul untuk masuk lepo banan.
d. Bagian depan lepo banan arah timur disebut anyong, anyong tempat wanita tua dan anak gadis. Di ruang anyong ada dapur, fungsinya tempat menyalakan api penghangat dan masak.
e. Serami banan bagian dari lepo banan yang disekat sesuai bidang ke lima bilik/kamar. Serami banan untuk tempat memasak dan makan masing-masing keluarga.
f. Lantai belek/kamar lebih tinggi dari lantai lepo, pintunya mengarah ke serami banan dan diberi anak tangga.
g. Ruang serami rawan disebelah barat dari Lepo rawan, untuk tempat pria dewasa atau tua. Sisa serami rawan dapat dipergunakan untuk kenduri, sunatan dan pernikahan. Di dinding belek atau kamar mengarah tangga dijadikan tempat susunan tikar hasil anyaman kaum wanitanya.

Pembangunan Umah pitu Ruang dipimpin oleh UTOS, orang yang ahli untuk membangun rumah. Tugas khusus utos mempersiapkan peralatan kerja seperti beliung, cekeh, rimos dan pahat dan membentuk suyen atau tiangnya, dan kite/tangga. Bangunan dikerjakan oleh keluarga ( satu dukuh/belah adalah satu keluarga ) dibawah pengawasan Utos.
2. Bahan bangunan :
a. Rotan, Ijok, dipergunakan untuk mengikat semua komponen bangunan.
b. Bambu, batang temor ( tetemor), batang pinang, dibelah untuk lantai.
c. Bambu yang dianyam atau tepas untuk dinding.
d. Pohon pinus dan jenis kayu lainnya untuk tiang.
e. Daun dun, ijok pohon pangoh/aren, ilalang, disusun berlapis dijadikan atap.

Ukuran lantai :
a. Lebar ( melintang arah utara selatan ), ada 4 tiang, atau 3 ruas/ruang. Panjang antar tiang tidak disebut, diperkirakan antara 3 sampai 4 meter..
b. Panjang (membujur arah timur ke barat ), ada 6-9 tiang, ada juga 5 sd 12 tiang, panjangnya disesuaikan dengan kebutuhan.
c. Letak tete/tangga naik ada di tengah-tengah bagian timur bangunan.
d. Dua buah tiang ditengah dinamakan tiang reje disebelah kanan , tiang puteri dipasang disebelah kiri. Pemasangan kedua tiang ini dengan acara kenduri memotong hewan kambing atau kerbau.

Fungsi bilik :
a. Untuk tidur pasangan suami isteri dengan anak-anak kecil berusia dibawah 8 tahun.
b. Penyimpanan barang pribadi, seperti pakaian, perhiasan, beras, alat kerja, alat kesenian seperti canang, gong, rapana. Bahan untuk sirih, tembakau, candu dll.
c. Diatas bilik dibuat tempat penyimpanan barang-barang penting, namanya parabuang.
d. Disetiap bilik ada tungku/dapur kecil, tempat menyalakan api penerangan dan penghangat badan.

 

 

Alamat Jalan Mess Time Ruang Kampung Kemili Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah